Dokumen Google Drive Kini dapat Diakses Tanpa Internet

Google drive akun akhirnya resmi merilis fitur “Available Offline” untuk file Dokument PDF, Microsoft Word, dan jenis file lainnya yang didukung oleh Google Drive. Fitur ini sebelumnya telah hadir dalam versi beta semenjak Tahun 2019.

Dengan fitur terbaru Google Drive, Para Pengguna bisa mengakses file dokumen PDF, gambar JPG/PNG, MS Office, dan dokumen lain di Google Drive tanpa harus terkoneksi ke internet. Mode offline di Google Drive bukanlah hal baru. Namun, dulu penggunaannya terbatas hanya mengakses file Google, seperti Docs, Spreadsheet, dan Slides.

Kehadiran fitur “Available Offline” ini akan membantu pengguna untuk tetap bisa mengakses dokumen di akun Google Drive saat sedang tidak terhubung ke internet.

Untuk mengunakan fitur “Available Offline” dari Google Pengguna harus mengaktifkan mode offline melalui PC.

Cara mengaktifkan agar setiap file dapat diakses tanpa koneksi internet.

Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Buka Google Drive melalui browser Pilih file PDF, gambar, Microsoft Word, atau file lainnya yang akan dijadikan file offline.
  2. Lalu klik kanan pada file > geser tombol toggle mengarah “Available Offline” ke arah “on” dan berubah menjadi berwarna biru.
  3. File yang dapat diakses secara offline akan memiliki ikon checklist di sebelah nama dokumennya.

Saat koneksi internet terputus, pengguna bisa membuka file PDF, gambar JPG/PNG, File Microsoft atau file lainnya tersebut melalui Google Docs, Google Chrome, atau dari aplikasi lainnya.

Fitur mode offline untuk file non-Google ini tersedia untuk semua pengguna layanan Google Workspace, termasuk pemilik akun gratis , Fitur baru ini dirilis secara bertahap oleh Google pada 2 September lalu. Sehingga ada beberapa penguna yang belum dapat menikmati fitur Available Offline dari google Drive tersebut.

Bagi yang belum memiliki akun Google Drive Membuat Google Drive

Related Stories