Cara agar mesin komputer awet digunakan, Ini Lima Tipsnya.

Komputer atau laptop kesayangan anda dalam penggunaannya membutuhkan perawatan yang harus diperhatikan agar umur elektronik tersebut dapat panjang dan awet digunakan untuk waktu yang cukup lama.

Seperti benda elektronik pada umumnya, dalam hal pemakaian agar tidak cepat rusak harus mendapatkan perhatian lebih dari pengguna. Permasalah yang paling sering muncul pada mesin komputer adalah soal performa yang tidak stabil.

Terlebih di Era serba online dan Digital saat ini, kebutuhan pengunaan komputer tidak tergantikan. Oleh karena itu, kamu sebagai pemilik wajib mengetahui apa saja faktor penyebabnya.

Berikut ini Tips sederhana untuk perawatan komputer kesayangan anda :

Gunakan antivirus komputer

Ada baiknya memasang aplikasi antivirus sebagai upaya pencegahan jika suatu waktu perangkatmu mendapat serangan Virus ataupun malware.

Antivirus sebagai aplikasi keamanan terhadap Malware dan virus harus di install saat pertamakali setelah pemasangan OS (operating system) dan aplikasi lainnya. Aplikasi antivirus tersebut memiliki tugas untuk memonitoring semua jenis program yang berjalan dan masuk ke komputer, dan menentukan apakah itu virus atau bukan.

Untuk menjaga kinerja aplikasi antivirus agar tetap bisa membaca segala jenis virus ataupun masalah yang berkaitan dengan malware, wajib mengupdate database definisi virus dari pusat data penyedia.

Berikut beberapa antivirus rekomendasi dari kami :

  • Avast premium security full
  • Avg antivirus pro
  • kaspersky security
  • Eset Antivirus

Tegangan Arus Listrik harus Stabil

Barang elektronik tentu pasti tidak dapat beroprasi tanpa adanya tegangan listrik. Kestabilan arus listrik sangat berguna menunjang kestabilan performa mesin komputer. Hal ini dapat disiasati dengan megunakan stabilizer, Kini ada beberapa UPS ternama yang telah dilengkapi dengan stabilizer.

Stabilizer mampu menjaga tegangan arus listrik selalu stabil. Sehingga ketika daya arus tegangan listrik mengalami lonjakan atau drop, kekuatan yang tersedia dan masuk ke perangkat jumlah besaran arus masih tetap sama seperti arus awal.

Fungsi UPS adalah menyimpan cadangan daya listrik sementara. Sehingga jika terjadi pemutusan arus dari sumber listrik atau pemadaman listrik, Perangkat akan mengambil pasokan listrik sementara di UPS. Sehingga, kamu dapat mematikan komputer dengan aman.

Menggunakan Software Sesuai Kebutuhan

Aplikasi dalam perangkat komputer adalah kebutuhan paling utama untuk menjalankan segala program pekerjaan maupun hiburan. Sesuai bawaan asli Windows, ada beberapa aplikasi yang akan di pasang default seperti Microsoft Word dan aplikasi Internet lain.

Namun aplikasi bawaan tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan standar pekerjaan kantor dan sekolah online. Pengguna aplikasi standar Windows sesuai kebutuhan memiliki tujuan agar tidak membebani kinerja RAM (Random Acces Memory) sebagai penopang kerja.

Kapasitas RAM pada tiap komputer memiliki Jumlah dan kecepatan yang berbeda tergantung jenis dan spesifikasi. semakin banyak aplikasi terpasang berjalan tapi jumlah kapasitas RAM semakin sempit, bisa dapat menimbulkan masalah berupa RAM tidak dapat mengeksekusi perintah dan mengakibatkan komputer menjadi lelet, Freze atau Bluescreen.

Instal Aplikasi Resmi, Jangan Bajakan

Penggunaan software resmi asli sudah jelas memiliki lisensi dari pengembang dan sudah pasti memiliki keuntungan dan support jika terjadi kendala. Aplikasi buatan pihak pertama terjamin terhindar dari susupan malware atau virus berbahaya lainnya.

Aplikasi dari sumber tidak terpercaya ataupun bajakan bisa membuat masalah pada komputer anda. Karena didapatkan dengan cara gratis tertentu malah dapat membuat semua pekerjaanmu berantakan. Virus dalam dunia komputer menjadi penyebab besar kerusakan software hingga hadware.

Komputer yang sudah si infeksi virus dan malware dari segi performa semakin menurun drastis, melambat dan muncul aplikasi lain terinstall tanpa izin. Virus dapat mengubah suatu ekstensi program menjadi extensi lain, melakukan pencurian data, Maining crypto atau hanya untuk membebani kinerja komputer sehingga lambat laun komputer mengalami kerusakan seperti lelet atau sampai overheat dan tidak dapat dioprasikan kembali.

Perhatikan umur Hadware

Perangkat mesin komputer yang sudah diatas 3 tahun dan dimakan usia terkadang menghadirkan beberapa permasalahan seperti performa menurun, hingga rusaknya komponen. Kejadian semacam itu adalah hal yang wajar.

Umur yang semakin menua seiiring penggunaan mengakibatkan penurunan kualitas. Hal ini menjadi sinyal penting bahwa mesin komputer membutuhkan perhatian hingga pembaharuan agar tetap stabil.

Biasanya bagi mesin komputer sering terjadi kerusakan di jenis komponen komputer seperti Motherboard, RAM, keyboard, Powersuplay dan lain sebagainya. Indikasi kerusakan dapat kita teliti jika masalah timbul dan mempengaruhi performa komputermu.

Related Stories